-->
6/Tutorial/slider

Membuat Relasi Tabel Database di PhpMyAdmin

13 comments
Haduh haduh haduh udah lama banget ga posting nih..
Jadi terbengkalai deh ni blog. OK deh langsung aja kali ini saya kasih tutorial cara me-relasikan tabel dalam database menggunakan phpmyadmin.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Pertama tentunya buat database dulu. Disini saya buat databse dengan nama "library".

2. Selanjutnya masuk ke database tersebut dan buat tabel dengan nama "category".

3. Langkah selanjutnya yaitu buat field dengan nama "category_id". Saya setting field ini auto increment dan juga sebagai primary key.

4. Sebelum di save, jangan lupa ubah tipe tabel menjadi "InnoDB". Kenapa? Karena hanya tipe inilah yang dapat membuat foreign key dan relasi. Cara menggantinya lihat pada bagian "Storage Engine" dan ganti menjadi "InnoDB". Karena biasanya ada yang defaultnya tipe "MyISAM" walaupun ada juga yang dari default sudah "InnoDB".

5. Setelah di setting, save.
6. Selanjutnya buat tabel kedua. Disini saya membuat tabel bernama "book".

7. Isi fieldnya. Disini saya membuat field “book_id” yang di setting “auto_increment” dan sebagai “primary key”. Pada tabel “book” ini, buat field "category_id" lalu field “category_id” ini akan digunakan sebagai foreign key. Caranya adalah pada bagian index pilih “INDEX”.
8. Sebelum di save jangan lupa tipe tabel harus "InnoDB".

9. Setelah membuat kedua tabel, maka selanjutnya adalah me-relasikan kedua tabel dengan field “category_id”. Ingat, field “category_id” harus ada pada kedua tabel.
10. Masuk ke tabel "book". Pindah ke tab menu “structure” lalu klik “Relation View” yang terdapat di bawah struktur tabel.

11. Karena field “category_id” dalam tabel “book” ini akan direlasikan dengan field “category_id” pada tabel “category” (sebagai tabel master) maka selanjutnya kita set relasinya seperti berikut ini:

12. Jika berhasil, maka setelah di-save seperti ini:

13. Setelah membuat relasi, kita coba memasukkan record ke dalam tabel yang tadi dibuat. Disini saya memasukkan data (record) ke tabel “category” seperti gambar berikut ini:

14. Pada tabel “category” ini, saya memasukkan beberapa record. Salah satu diantaranya saya memasukkan “category_id = 12345” dengan “category_name = Mystery”
15. Selanjutnya Masukkan data ke tabel “Book”. Berikut ini data yang saya masukkan:

16. Karena sudah direlasikan, saat pengisian data pada tabel “book” ini, pada field “category_id” sudah terdapat pilihan yang tadi telah dimasukkan di tabel “category”. Contoh: Saya memasukkan data dengan judul buku “Harry Potter” dan pada category_id saya pilih “12348” yang merupakan kategori “magic”

17. Berikut ini data yang dimasukkan pada tabel “Book”.

18. Pada gambar di atas category_id-nya berupa link. Jika di klik maka akan diarahkan ke tempat category itu sendiri. Contoh saya meng-klik category_id 12348. Hasilnya seperti ini:

19. Jadi, seperti itulah fungsi dari relasi tabel, yaitu menghubungkan antar tabel.

Ya.. cukup sekian tutorial kali ini mudah"an bisa berguna. Aamiin.
author profile image
Abdelghafour

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.

13 comments

  1. Thanks banget gan sangat jelas tutorialnya :D

    ReplyDelete
  2. Makasih sob..
    penjelasannya cukup detail, saya suka dgn tutorialnya (y)

    ReplyDelete
  3. mas kalau memasukkan datanya melalui php gimana mas? makasih

    ReplyDelete
  4. mas... klo relasi tabel antar 2 database gimana????

    ReplyDelete
  5. mkasih ilmunya gan,

    jenis relasi yang bahas ini masuk kemana ya...? apakah one to one, one to many atou many to many.......?

    ma'v sdh bnyak tnya gan...

    ReplyDelete
  6. thanx gan tutorialnya sangat membantu

    [ask]
    gan, kalau index nya itu juga dijadiin index ditabel lain cara skrip editnya giman??

    ReplyDelete
  7. Buat nampilin category_name nya di table book gimana gan...?
    mohon arahannya!

    ReplyDelete
  8. Terimakasih mas, ngomong-ngomong itu menggunakan PHPmyAdmin versi berapa?

    ReplyDelete
  9. min saya udah buat sama kayak tutor di atas, tapi kenapa ga bisa. yang gabisa nya itu yang berada di category_id nya. dia enggak jadi link. itu gimana ya min??

    ReplyDelete
    Replies
    1. versi berapa gan?? siapa tau beda.. soalnya ini udah lama banget tulisannya..

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

An ENTJ Person. A software engineer, experienced in web development, especially in Java. The best graduate of engineering field of Bandung State Polytechnic. Self-motivated and adaptable person. Highly passionate about IT stuff. A fast learner, always curious and loves to learn something new. Has a strong logical and analytical thinking. [Faris Arifiansyah] (https://lh4.googleusercontent.com/9-OcR6PfTb9wECGLmzP0uzrFor9GiXdbMHRt_eXiIh9D_kdopGPGDogIuhWVlCaeBfGONpDMz54MuZHfm98s=w1920-h925)