-->
6/Tutorial/slider

Tutorial Mule ESB - Content Based Routing

No comments
1. Pendahuluan
1.1. Penjelasan Singkat Mule ESB
Mule ESB adalah ESB (Enterprise Service Bus) berbasis java dan merupakan platform integrasi yang memungkinkan developer untuk menghubungkan aplikasi-aplikasi secara mudah dan cepat serta memungkinkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk saling bertukar data. Keuntungan utama dari ESB adalah bahwa ESB memungkinkan aplikasi-aplikasi yang berbeda untuk saling berkomunikasi dengan berperan sebagai transit system untuk membawa data antar aplikasi.

1.2. Content Based Routing 
Pada tutorial ini, akan dibahas mengenai permasalahan routing berdasarkan kontennya (content-based routing). Jadi, content-based routing ini adalah merutekan/mengarahkan message-message berdasarkan kontennya. Konten dari message tersebut menentukan akan dibawa ke mana selanjutnya message tersebut.

2. Tujuan
Pada tutorial ini, tujuan yang akan dicapai adalah:
  1. Membuat aplikasi anypoint studio yang merutekan message-message-nya berdasarkan logika yang dibuat pada Choice Router.
  2. Mengatur dan memanggil flow variables menggunakan Mule Expression Language.
  3. Menjalankan dan menguji aplikasi via browser.
3. Memodelkan Flow dengan Routing Choice 
Pertama-tama, buat project mule dan beri nama misalnya “Tutorial CBR”. Selanjutnya, gunakan building blocks pada Mule Palette untuk memodelkan aplikasi yang :
- Menerima request HTTP
- Mengubah inbound Property menjadi flow variable.
- Me-routing message berdasarkan flow variable yang berasosiasi dengan message
- Mengatur/membuat payload baru berdasarkan logika routing
- Membuat payload tersebut sebagai HTTP Response
- Catat (Log) hasilnya dan tampilkan di console

Building blocks yang dapat digunakan untuk memodelkan aplikasi dengan kriteria di atas adalah sebagai berikut:
- HTTP Connector
- Variable Transformer
- Choice Router
- Set Payload Transformer
- Logger

4. Memodelkan Aplikasi
Untuk membangun / memodelkan aplikasi / alur (flow) aplikasi secara visual, lakukan drag & drop building blocks dari mule palette ke canvas hingga menjadi seperti berikut ini:
Gambar 1

Terdapat 8 elemen dari flow aplikasi yang dibuat. Elemen-elemen yang digunakan adalah:
- HTTP : Terdapat pada bagian Connector pada mule palette
- Variable : Terdapat pada bagian Transformer pada mule palette
- Choice : Terdapat pada bagian Flow Control pada mule palette
- Set Payload : Terdapat pada bagian Transformer pada mule palette
- Logger : Terdapat pada bagian Components pada mule palette

*Tips : Gunakan palette search agar lebih cepat menemukan building block yang akan digunakan

Penjelasan setiap Building Block yang digunakan:
1. HTTP Connector
Mengijinkan aplikasi Mule untuk terhubung ke resource yang ada pada Web melalui protokol HTTP atau HTTPS.

2. Variable Transformer
Merubah flow variable pada message yang bisa dipanggil/digunakan dimanapun di dalam flow. Gunakan variabel transformer untuk merubah atau menghapus variabel pada message. Terdapat 2 jenis variable pada Mule, yaitu :
a. Flow Variable : merupakan instansiasi variabel dimana scopenya terbatas dan hanya bisa di akses pada flow (dan subflow) yang mendefinisikan variabel tersebut.
b. Session Variable : memiliki scope yang lebih besar (global) daripada Flow Variable dan bisa di akses dari flow manapun yang ada dalam aplikasi yang sama.

3. Choice Router
Mengevaluasi message terhadap kriteria tertentu, lalu mengirimkannya ke message processor yang sesuai dengan kriteria.

4. Set Payload Transformer
Merubah isi payload menjadi apapun yang didefiniskan. Payload bisa berupa string atau sebuah Mule Expression.

5. Logger
Mencatat message atau aktivitas dan menampilkan “catatannya” pada console.

Artikel ini masih dalam proses ...
Silahkan download PDF lengkapnya di sini :  Download

Mengenal Teknologi Augmented Reality (Realitas Tertambah)

No comments
Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan objek virtual dengan lingkungan nyata yang diproyeksikan secara real-time. Augmented Reality (AR) adalah variasi dari Virtual Environment (VE), atau lebih sering disebut Virtual Reality. Teknologi VE membawa pengguna ke dalam lingkungan buatan. Pengguna tidak dapat melihat dunia nyata di sekelilingnya.


Berbeda dengan Virtual Environment, Augmented Reality memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata dengan objek virtual yang ditumpangkan pada dunia nyata. Oleh karena itu, AR hanya menambah realitas (tidak mengganti dunia nyata sepenuhnya). Pengguna akan melihat objek virtual dan objek nyata berada di ruang yang sama.

Augmented Reality membantu persepsi dan interaksi pengguna dengan dunia nyata. Objek-objek virtual ini menampilkan informasi yang tidak dapat diterima pengguna oleh inderanya. Informasi yang disampaikan oleh objek-objek virtual membantu pengguna dalam melakukan pekerjaan dunia nyata.

Berikut ini contoh penerapan teknologi augmented reality:
Gambar 1

Gambar 2

Gambar 1 dan gambar 2 adalah contoh hasil teknologi Augmented Reality. Gambar 1 memperlihatkan sebuah ruangan dengan meja dan sebuah telepon yang nyata. Di ruangan tersebut juga terlihat lampu virtual dan 2 buah kursi virtual. Sedangkan gambar 2 adalah contoh aplikasi edukasi pada iOS bernama iSkull. Dengan iSkull ini, pengguna dapat mempelajari tengkorak secara interaktif.

Saat ini, sudah cukup banyak tools yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan teknologi AR. Beberapa di antaranya adalah Wikitude SDK, Vuforia SDK, dan DroidAR.

Ya, itulah sedikit pengenalan tentang teknologi AR. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca :)

Referensi:
R. Azuma. 1997. “A Survey of Augmented Reality

Install Driver ATI Radeon HD4650 di Windows 10

3 comments
Ya, setelah sekian lama hiatus karena kesibukan kuliah, akhirnya sekarang bisa posting lagi. Kali ini saya ingin memberikan tutorial tentang cara menginstall driver / catalyst control dari ghrapics card ATI Radeon HD 4650 pada sistem operasi Windows 10.

Jadi ceritanya tuh kebetulan saya baru selesai install ulang PC Desktop saya di rumah. Saya install ulang PC saya dengan sistem operasi windows 10 64-bit. Setelah selesai install ulang tentu saja saya menginstall software-software dan juga driver, salah satunya driver Ghrapics Card. Kebetulan pada saat itu saya tidak punya file drivernya sehingga saya berkunjung ke website AMD.

Sayangnya, setelah searching, ternyata di sana tidak disediakan driver untuk windows 10. Alhasil, saya coba download driver ATI Radeon HD 4650 untuk Windows 8 64 bit. Setelah selesai download, saya coba untuk menginstallnya. Tetapi ketika file installer di buka (double klik kiri), muncul warning bahwa file tidak bisa dibuka. Saya lupa pesan warningnya seperti apa. Tapi intinya file setup itu tidak bisa dibuka. Sehingga otomatis tidak bisa diinstall.

 
Karena penasaran, saya coba akses website AMD lagi. Ternyata pada bagian halaman download itu, terdapat 2 file driver. Jadi ada satu file lagi yaitu file driver yang masih beta. Tapi itu memang yang terbaru. Akhirnya saya coba download file tersebut. Ukuran filenya sekitar 185 MB. Setelah selesai download saya langsung coba install dan akhirnya berhasil. Akhirnya sekarang bisa main game lagi :D

Jadi, singkatnya, langkah-langkah untuk sampai berhasil install adalah sebagai berikut:
  1. Buka situs ini http://support.amd.com/en-us/kb-articles/Pages/ATI-Radeon-4000-Series-Drivers.aspx
    Di halaman tersebut, ditampilkan list driver untuk Radeon HD 4000 series. Jadi, sepertinya langkah-langkah ini tidak hanya berlaku untuk radeon hd 4650, tetapi berlaku juga untuk radeon HD 4000. Jadi mungkin lebih tepatnya judul artikel ini adalah "Install Driver ATI Radeon HD 4000 series di Windows 10" hehe
  2. Jika sudah di halaman tersebut, pilih seri radeon-nya. Untuk kasus saya, seri radeon yang saya miliki adalah radeon hd 4650. Jadi saya pilih itu dan pastikan sesuai dengan sistem operasinya. Karena saya menggunakan windows 10 64 bit, maka di situ saya pilih yang windows 8 64 bit (karena tidak ada windows 10).
  3. Selanjutnya akan masuk ke halaman download sesuai seri yang telah dipilih. Berikut ini contoh tampilannya:

  4. Nah, tampilannya seperti gambar di atas. Pilih yang beta yaa..
  5. Setelah di download, install seperti biasa. Klik 2 kali untuk buka setupnya lalu next-next seperti biasa.
  6. Jika pada saat instalasi layar berkedip-kedip (hitam, dsb.), biarkan saja. Itu memang normal ketika menginstall driver kartu grafis.
  7. Selesai..
Ya jadi seperti itu langkah-langkahnya.. Mudah-mudahan berguna. Silahkan share jika merasa terbantu hehe. Klik iklan juga boleh hahaha

Pasang Adsense di tengah / dalam Postingan

2 comments

Sebelumnya saya juga sudah membuat artikel tentang google adsense. Pada artikel tersebut saya bahas bagaimana situs ini bisa mendapatkan persetujuan google padahal umur domain dari situs ini belum mencapai satu bulan.


Nah, pada postingan kali ini saya akan memberi tutorial sederhana tentang bagaimana memasang google adasense di tengah postingan.. Contoh : memasang adsense di antara paragraf pertama dan paragraf ke dua.. Atau contoh lain adalah memasang adsense dan di sebelah adsense tersebut terdapat teks artikel.. Jadi di sekitar adsense terdapat teks postingan kita.

Kira-kira maksud tutorial yang akan saya buat adalah seperti itu.. Tanpa basa basi lagi, langsung saja berikut ini langkah-langkah memasang google adsense di tengah / di dalam postingan.

1. Tulislah artikel seperti biasa

2. Jika sudah selesai, jangan dulu di publish melainkan ubah mode tulisan ke mode "HTML" seperti gambar berikut.

3. Copy script ads anda ke lokasi yang anda inginkan.. Misalkan anda ingin menaruhnya di antara paragraf pertama dan kedua, maka taruhlah script anda di antara paragraf tersebut.. Jika anda menaruh script ads anda di paling bawah, maka iklan google anda akan muncul diakhir postingan.

4. Selesai..

Jika anda ingin teks artikel anda mengelilingi adsense, tambahkan kode css "float:left;" ke script ads anda. Caranya adalah sebagai berikut:



Cari script ini pada script adsense anda:
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:250px;"

Pada bagian style, tambahkan "float:left;" sehingga script menjadi seperti berikut:
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:inline-block;width:300px;height:250px;float:left;"

Benar-benar sederhana bukan??
Selamat Mencoba :D

Tips Cepat Mendapatkan Persetujuan Google Adsense

1 comment
Google Adsense
Alhamdulillah ga nyangka blog ini akhirnya diapprove juga oleh google adsense. Maklumlah, usia domain blog saya ini memang masih sangat muda, yakni 16 Hari hehe.


Beberapa hari setelah domain ini "mengudara", saya langsung coba mengajukan permohonan sebagai google publisher. Tetapi, sekitar seminggu setelah itu, barulah ada pemberitahuan bahwa ternyata setelah di-review oleh google, situs ini tidak layak untuk menjadi publisher xD
Entahlah saya juga bingung alasan ditolaknya karena apa.. Tetapi saya berpikiran bahwa penolakan ini dikarenakan usia domain saya yang memang bahkan belum berumur satu bulan :D

Akhirnya saya coba mencari beberapa artikel tentang adsense. Saya baca salah satu artikel tentang bagaimana supaya akun adsense kita cepat di approve sepenuhnya oleh google. Pada artikel itu ada salah satu komentar yang mengatakan bahwa usia domain berpengaruh. Namun pernyataan itu dibantah oleh sang penulis artikel karena dia berhasil membuktikan bahwa temannya yang memiliki domain yang baru berusia 40 hari sudah berhasil di-approve oleh google. Oleh karena itu, saya jadi sedikit optimis bahwa akun saya mungkin bisa di-approve juga walaupun usia domain saya belum satu bulan.

Saya pun kembali mengajukan permohonan pada google. Dan akhirnya, kalau tidak salah 5 hari setelah pengajuan yang kedua, akun saya di-approve sepenuhnya oleh google. Script iklan google (yang saya pasang) yang semulanya tidak menampilkan apa-apa kini sudah menampilkan iklan dari google. Itu menunjukkan bahwa akun saya benar-benar telah disetujui oleh google.

Atas dasar itulah, saya akan coba berbagi tips bagaimana supaya cepat mendapatkan persetujuan google adsense. Sebenarnya hanya ada 2 "langkah" yang saya lakukan.

1.  Memperbagus Alexa Rank
Ya, karena blog saya menggunakan domain baru, meskipun kontennya sudah ada, alexa rank akan kembali menjadi "no data". Bagi yang belum mengetahui apa itu alexa rank, silahkan cari sendiri di google. Semakin baik alexa rank maka berarti situs tersebut sering dikunjungi banyak visitor. Nah, saya berpikiran bahwa google pasti hanya ingin menyetujui publisher yang benar-benar dapat diandalkan, salah satunya adalah publisher yang memiliki banyak visitor. Semakin banyak visitor, maka semakin besar kemungkinan iklan dilihat dan di-klik oleh orang-orang.

Nah, masalahnya adalah bagaimana cara cepat mendapatkan banyak visitor??
Untuk menjawab permasalahan ini, saya mempunyai salah satu cara yang cukup ampuh, yaitu blogwalking. Ya, semenjak domain ini aktif, saya selalu melakukan blogwalking, yaitu jalan jalan ke blog lain dan meninggalkan jejak sehingga pemilik blog tersebut dapat mengunjungi balik blog kita. Saya biasa blogwalking ke blog-blog yang memilki chat box/ shout box.. Hasilnya cukup terlihat setelah satu minggu, yakni alexa rank saya sudah tidak "no data" lagi, melainkan sudah mencapai 10 juta-an.. Saya terus melanjutkan kebiasaan ini hingga akhirnya beberapa hari kemudian alexa rank saya mencapai 6 juta-an..
Di angka 6 jt-an inilah alexa saya sudah mulai sulit untuk bergerak menjadi lebih baik.. Apalagi akhir-akhir ini juga saya cukup sibuk sehingga dalam beberapa hari terakhir saya tidak sempat blogwalking.

 
2.  Update Blog
Ya, update blog tentu saja menjadi faktor penting untuk bisa mendapatkan persetujuan dari google. Google menyukai situs yang selalu update secara berkala.. Oleh karena itu, selama proses review dari google, usahakan blog/situs anda selalu update.

Well, itulah 2 hal yang saya lakukan. Dan saya rasa memang 2 hal itulah yang menjadi kunci untuk cepat mendapatkan persetujuan ketika kita melakukan pengajuan sebagai publisher google adsense. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar, tetapi perlu anda tahu, saya sendiri masih sangat baru dalam hal ini sehingga mungkin tidak dapat banyak membantu.. Tetapi akan saya bantu jika saya bisa.. Saya sendiri tidak ada niat untuk benar-benar menghasilkan uang melalui adsense ini. Saya hanya iseng-iseng saja mengajukan dan ternyata disetujui, jadi ya tidak ada salahnya saya pasang iklan di blog ini.. Haha
An ENTJ Person. A software engineer, experienced in web development, especially in Java. The best graduate of engineering field of Bandung State Polytechnic. Self-motivated and adaptable person. Highly passionate about IT stuff. A fast learner, always curious and loves to learn something new. Has a strong logical and analytical thinking. [Faris Arifiansyah] (https://lh4.googleusercontent.com/9-OcR6PfTb9wECGLmzP0uzrFor9GiXdbMHRt_eXiIh9D_kdopGPGDogIuhWVlCaeBfGONpDMz54MuZHfm98s=w1920-h925)